Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan, yang nama resminya adalah Taman Margasatwa Ragunan, merupakan tempat rekreasi keluarga seluas 147 ha yang berada di daerah Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Kebun Binatang Ragunan ini berdiri pada tahun 1864 dan memiliki penghuni lebih dari 3.000 ekor satwa dengan lebih dari 50.000 pohon yang memberi keteduhan bagi pengunjung.

Tempat parkir kendaraan Kebun Binatang Ragunan sangat luas, yang pada hari kerja juga digunakan oleh para pemakai bus TransJakarta karena haltenya berada dalam lingkungan perparkiran Kebun Binatang Ragunan.

Area Kebun Binatang Ragunan yang sangat luas ini sangat baik untuk berwisata sambil berolah raga jalan kaki. Namun Kebun Binatang Ragunan menyediakan juga persewaan sepeda, kereta keliling, dan bendi, bagi pengunjung yang ingin menghemat waktu dan tenaga.

Kebun Binatang Ragunan pada patung sepasang gajah dalam kerimbunan pepohonan kompleks kebun binatang.

Kebun Binatang Ragunan pada kandan Rusa Totol (Axis axis erxleben. Hewan ini berasal dari India sampai Sri Lanka, yang pada mulanya didatangkan ke Istana Bogor oleh Thomas Stanford Raffles, sekitar tahun 1814.

Pada latar belakang adalah kandang Jerapah (Giraffa Camelopardalis Reticulatus), koleksi Kebun Binatang Ragunan, yang berasal dari daerah Afrika. Binatang yang bisa hidup sampai berusia 25 tahun ini lama kehamilan betinanya adalah sekitar 15 Bulan.

Pada Kebun Binatang Ragunan juga terdapat Elang Bondol (Haliastur indus), dengan bulu berwarna coklat kemerahan, sedangkan bulu kepala dan lehernya berwarna putih.

Selain Indonesia, elang koleksi Kebun Binatang Ragunan ini juga ada di Sri Langka, Asia Tropis, Cina Selatan sampai ke bagian Utara Australia. Makanannya adalah hewan mamalia kecil, juga ikan, katak, ketam, ular, dan kadal.

Meskipun paruh elang tidak bergigi sebagaimana hewan pemangsa lainnya, namun karena bentuknya yang melengkung, tajam dan kuat, maka elang bisa dengan mudah mengoyak tubuh mangsanya untuk ditelan atau diberikan kepada anaknya.

Kebun Binatang Ragunan pada kandang Gajah Sumatera (Elephas Maximus Sumatranus), yang sub-jenisnya ada juga di India, Sri Langka, Thailand, dan Malaysia. Lama kehamilan gajah betina adalah 20-22 bulan, dan berat bayi gajah ketika lahir berkisar antara 50-120 Kg.

Pada hari libur dan hari besar, pengunjung bisa naik gajah di Kebun Binatang Ragunan ini antara pukul 10.00-15.00, dengan membayar Rp. 5.000/orang (3 tahun ke atas). Lokasinya berada dekat pintu barat Kebun Binatang Ragunan.

Kebun Binatang Ragunan pada kandang Komodo (Varanus komodoensis) dengan ukuran yang cukup besar. Komodo Kebun Binatang Ragunan ini bisa diam dalam waktu yang lama, sebelum ia bergerak untuk berpindah tempat. Komodo hanya ditemukan di habitat aslinya di Pulau Komodo, Pulau Padar, Pulau Rinca dan Flores Barat.

Kebun Binatang Ragunan ketika seekor burung dara dengan tenangnya berjalan dekat sang Komodo yang hanya memandanginya saja. Makanan Komodo adalah babi hutan, kambing, kerbau, kuda, dan rusa. Komodo betina bisa bertelur sebanyak 20 nutir, yang dieraminya selama 8-10 Bulan. Komodo bisa hidup hampir sama dengan panjang usia manusia, yaitu 50 – 60 tahun.

Kebun Binatang Ragunan pada Pusat Primata Schmutzer yang merupakan salah satu tempat pelestarian primata terbesar di dunia. Adalah Pauline Antoinette Schmutzer-versteegh yang merintis dibangunnya fasilitas Kebun Binatang Ragunan ini. Pusat Primata Schmutzer Kebun Binatang Ragunan ini buka jam 09.00-16.00, dengan tiket masuk (3 tahun ke atas) RP. 5.000 per orang.

Sumber: http://thearoengbinangproject.com/2011/03/kebun-binatang-ragunan-jakarta/

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: