Museum – Kep. Seribu

Museum Pulau Onrust

Museum Onrust adalah satu-satunya bangunan yang masih berdiri dengan utuh. Di museum ini tercatat dengan rapi berbagai perkembangan pulau ini dari waktu ke waktu. Sejarah singkatnya : antara tahun 1803-1810 Pulau Onrust 3 kali digempur oleh Inggris, dan terakhir pada tahun 1810 armada Inggris yang dipimpin oleh Admiral Edward Pellow menghancurkan sarana dan prasarana Pulau Onrust. Pada tahun 1848 mulailah Pulau Onrust dan sekitarnya oleh Belanda difungsikan kembali menjadi pangkalan Angkatan Laut. Namun prasarana ini kembali hancyr akibat gelombang tidal (letusan Gunung Krakatau tahun 1883 ).

Pada awal masa kemerdekaan, Pulau Onrust dimanfaatkan sebagai Rumah Sakit Karantina bagi penderita penyakit menular dibawah pengawasan Departemen Kesehatan RI hingga awal 1960. Kemudian sejak 1960 sampai dengan 1965 dimanfaatkan untuk penampungan gelandangan dan pengemis serta latihan militer. Pada tahun 1968 terjadi penjarahan besar-besaran di Pulau Onrust, sehingga bangunan-bangunan bersejarah tinggal puing-puingnya saja. Selain bangunan museum yang utuh, beberapa bangunan lain yang tinggal pondasinya adalah barak haji, barak karantina penyakit dan barak-barak prajurit. Terdapat pula kuburan prajurit Belanda yang gugur disini, serta kuburan tahanan pribumi.

Tidak ada fasilitas – fasilitas di pulau ini, seperti penginapan, tempat bermain, yang ada hanyalah beberapa warung makanan penduduk yang kurang teratur, sehingga agak sedikit menganggu keindahan pulau ini. Berkunjung ke pulau ini merupakan wisata sejarah, karena memang pulau ini kurang menampakkan wajahnya sebagai pulau wisata. Setidaknya dengan berkunjung ke Pulau Onrust, kita bisa ikut merasakan salah satu perjalanan panjang sejarah Bangsa Indonesia. (disarikan dari navigasi.net)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: