you're reading...
Uncategorized

Mendukung Jakarta Jadi Pusat Kebudayaan Nusantara

TheJakartaReview – Ada yang menarik untuk dicermati terkait keinginan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo menjadikan ibu kota negara ini menjadi pusat kebudayaan nusantara.

“Jakarta adalah ibu kota negara, maka dari itu, harus menjadi pusat kebudayaan Indonesia, pusat kebudayaan nusantara, dengan tuan rumah Betawi,” kata Jokowi di sela Kirab Budaya Rakyat di pelataran Monas, Jakarta Pusat, akhir tahun lalu.

Kirap Budaya Rakyat di Jakarta

Kirap Budaya Rakyat di Jakarta

Kirab Budaya Rakyat menjadi cikal-bakal dari program Jak Karnaval yang rencananya akan rutin digelar pada Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta, yaitu 22 Juni.

“Jadi, mulai tahun depan kita punya program kebudayaan yang bernama Jak Karnaval. Acara ini akan digelar untuk pertama kalinya pada HUT Jakarta 22 Juni 2013, dan rutin setiap tahun,” ujar Jokowi.

Jokowi mengungkapkan Jak Karnaval akan dilaksanakan dengan manajemen acara, manajemen peserta dan manajemen penonton yang lebih baik dari Kirab Budaya Rakyat.

“Dengan manajemen acara, manajemen peserta dan manajemen penonton yang lebih baik dari acara sebelumnya, Jakarta akan memiliki kebanggaan tersendiri sebagai ibu kota negara,” kata Jokowi.

Agar persiapannya lebih matang, kata Jokowi, beberapa bulan sebelum perayaan Jak Karnaval, pihaknya akan mengadakan workshop terlebih dahulu.

“Kira-kira mulai Januri 2013 nanti kita akan mengadakan workshop terlebih dahulu sebagai persiapan menuju perayaan Jak Karnaval,” ungkap Jokowi.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI telah menggelar festival Kirab Budaya Rakyat dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober.

Dalam acara tersebut, para peserta melakukan arak-arakan dengan menggunakan pakaian tradisional dan menarikan tarian tradisional. Arak-arakan dimulai dari halaman depan Balai Kota DKI, kemudian menuju Thamrin dan berakhir di Monas. (RD007)

About thejakartareview

Media informasi seputar jakarta, kini dan masa lalu

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: