you're reading...
Berita

Jakarta Akan Gelar Karnaval Budaya Betawi

TheJakartaReview – Jakarta bakal menggelar even Karnaval Besar seperti yang digelar di kota-kota besar di Singapura, Sedney dan London. Karnaval yang akan digelar adalah Karnaval Budaya Betawi yang mengangkat ondel-ondel.

ondel2 jakarta“Kota Jakarta tidak boleh kalah dengan Singapura, Kuala Lumpur, Sidney, dan London yang menggelar event karnaval besar,” kata Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo saat memberi sambutan pada Silaturahmi bersama Pengurus RT, RW, Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK), Dewan Kota Kabupaten dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) serta Lembaga Kemasyarakatan DKI di Istora Senayan, Minggu.

Selain itu, Jokowi berkeinginan pusat kebudayaan Indonesia berada di Jakarta. Untuk itu, Pemprov DKI akan memulai gerakan perdana dengan mewajibkan seluruh pegawai negeri sipil (PNS) memakai pakaian khas Betawi mulai 2013.

Namun, Pemprov DKI masih memproses apakah pakaian Abang None atau Sadariah yang akan dikenakan seluruh pegawai pada setiap hari Rabu nanti.

“Intinya, kota Jakarta harus punya karakter, identitas, dan ciri khas,” ungkapnya.

Pemprov, lanjut Jokowi, DKI juga mencanangkan program nuansa khas Betawi pada setiap bangunan yang akan didirikan di Ibukota mulai tahun depan.

“Setiap bangun pasar, apartemen, kantor, sekolah, bank, dan sebagainya wajib memakai karakter Betawi. Saya akan memaksa walaupun sekadar nampak di depan bangunan saja,” tuturnya.

Jokowi menjelaskan, kebudayaan khas Betawi yang bisa ditonjolkan di dalam bangunan sangat banyak di antaranya rumah Kabayan, rumah pesisiran, rumah Joglo Betawi.

“Namun, sayangnya keberadaan budaya tersebut sudah beberapa tahun dilupakan,” jelasnya.

Jokowi menambahkan, pihaknya juga berencana menggerakkan kembali sejumlah sanggar budaya di tingkat kampung.

“Saya mengajak masyarakat bergerak untuk mewujudkan program ini. Pemda tidak mungkin bergerak sendiri, semuanya harus digerakkan,” tambahnya. (RD007/ANT)

About thejakartareview

Media informasi seputar jakarta, kini dan masa lalu

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: