you're reading...
Info Angkutan

Bus APTB, Angkutan Baru di Jakarta

TheJakartaReview – DKI Jakarta kini memiliki angkutan baru yang terintegrasi dengan Busway Transjakarta, namanya Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB). Bus yang berwarna biru muda ini melayani rute jurusan Ciputat (Tangerang Selatan)-Terminal Kota (Jakarta).

Bus APTB sedang melintas di jalan raya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun TheJakartaReview, bus ini merupakan peremajaan armada Bus Bianglala trayek AC-45. Total armada bus yang disiapkan untuk APTB Ciputat – Kota ini sebanyak 15 bus.

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengatakan, pengoperasian angkutan perbatasan yang terintegrasi dengan busway selain bertujuan meningkatkan aksesibilitas antara Jakarta dan kota penyangga sekitarnya, juga untuk membangun kepedulian publik agar menggunakan angkutan umum massal.

Bus APTB ini resmi beroperasi diawal Oktober 2012 lalu. Jadi masih terbilang baru. Sekilas memang bus ini menyerupai bus TransJakarta.

Pengoperasian APTB jurusan Ciputat-Kota ini melengkapi rute APTB yang sudah beroperasi saat ini yakni APTB jurusan Bekasi-Pulogadung dan APTB jurusan Tangerang-Kalideres.

Bus APTB di jalur Busway Trans Jakarta

Dikatakan, pada tahun 2012 ini, Dinas Perhubungan Prov. DKI Jakarta merencanakan untuk menerapkan sistem Direct Service pada pengoperasian APTB dimana rute-rute APTB diberikan privilege masuk ke lajur busway TransJakarta.

Dengan diharapkan dapat mengakomodir para komuter untuk menggunakan APTB dan tidak menggunakan kendaraan pribadinya atau menitipkan kendaraannya di areal park dan ride, sehingga volume kendaraan yang menuju ke Jakarta semakin berkurang.

Sebagai informasi, rute yang akan dilalui APTB jurusan Ciputat-Kota mulai Oktober 2012 adalah Terminal Kota – Jl. Lada – St. Kota – Jembatan Batu – Manggadua Raya – Berputar – Manggadua Raya – Hayam Wuruk – Ir H. Juanda – Jl. Medan Merdeka Barat – Jl. Mh. Thamrin – Jl. Sudirman – Sisingamangaraja – Jl. Panglima Polim – Jl. Radio Dalam – Jl. Metro Pondok Indah – Lebak Bulus – Pasar Jumat – Ciputat

Spesifikasi bus yang akan digunakan secara umum sama dengan spesifikasi bus yang dipakai oleh Transjakarta Busway, yaitu bus besar kapasitas 85 penumpang (35 duduk, 50 berdiri), high deck, dan posisi tempat duduk berhadapan.

Sistem ticketing yang akan diterapkan untuk angkutan perbatasan ini adalah sistem tiket terusan yang harus dibayarkan oleh pengguna angkutan perbatasan ini sebesar Rp 9.500/penumpang, dimana besaran ini sudah termasuk tarif busway normal sebesar Rp 3.500/penumpang dan tarif angkutan perbatasan sebesar Rp. 6.000/penumpang.

APTB Ciputat-Kota beroperasi setiap hari selama 17 jam mulai pukul 05.00-22.00.  Direncanakan, rute Ciputat-Kota sepanjang 30 kilometer bisa ditempuh selama 60-90 menit. (RD 007)

About thejakartareview

Media informasi seputar jakarta, kini dan masa lalu

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: