you're reading...
Info Kuliner

Kerak Telor Masakan Khas Betawi

TheJakartaReview Pekan Raya Jakarta selalu ditandai dengan munculnya panganan khas betawi bernama kerak telor. Berderet-deret penjual kerak telor didalam maupun diluar arena PRJ. Mereka berdandan ala si Pitung atau mempergunakan pakaian khas betawi seperti celana komprang, baju koko terbuka, kaos dalam putih dengan ikat pinggang mirip stagen berwarna hijau, tak ketinggalan kopiah.

Makanan yang mungkin namanya diambil dari rupanya yang sedikit gosong ini konon sudah ada ketika Jakarta masih bernama Batavia. Waktu itu di Batavia masih banyak ditumbuhi pohon kelapa yang sebagian dimanfaatkan oleh penduduk untuk berbagai macam keperluan. Salah satu diantaranya adalah dengan memarut daging buahnya lalu mencampurnya dengan ketan, telur ayam dan beberapa bumbu masakan kemudian dimasak sedemikian rupa sehingga panganan itu yang disebut kerak telor.

Sebenarnya kerak telor itu sendiri terbagi menjadi dua jenis kerak telor, yaitu kerak telor bebek dan kerak telor ayam. Menurut Bang Boang, pedagang kerak telor asal Citayam, sejatinya kerak telor memang memakai telor bebek. Ketika ditanya kenapa harus memakai telor bebek, dia menjelaskan selain baunya yang khas, ukuran lebih besar, juga rasanya beda yakni lebih legit dan sedap dibanding telor ayam.

Sebagai catatan, apabila dijual kerak telor biasa dibandrol dengah harga berkisar antara Rp.7.000,00 hingga Rp.15.000,00, bergantung pada jenis atau jumlah telur yang dipesan.

About thejakartareview

Media informasi seputar jakarta, kini dan masa lalu

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: