you're reading...
Berita

Baru Jadi Gubernur DKI Jakarta, Jokowi Mendapat Warisan Hampir Rp 1 Triliun!

TheJakartaReview Barangkali ketika menjadi Gubernur DKI Jakarta Foke menerapkan ajaran ahli sejarah dan negarawan dari Italia Niccolo Machiavelli, yang dalam doktrinnya mengatakan “het doel heiling de middelen” yang artinya cara apapun berhak dihalalkan, asalkan segala tujuan tercapai.

Tak sedikit doktrin Machiavelli dipuja banyak orang dengan mengumandangkan kalimat “Jangan dengarkan auman srigala hukum, jangan hiraukan suara kebenaran, jangan ikuti nurani kemanusiaan, hancurkan segala cara yang mengarah pada pembelaan dan penegakan keadilan, dan sebaliknya gunakan segala cara penindasan, adu domba, kekacauan, dan pembunuhan dimana-mana.”

Menurut Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) kepemimpinan Foke memang banyak masalah dengan anggaran Pemprov DKI Jakarta.

“Hal ini bisa dilihat pada anggaran tahun 2012, ternyata Pemda DKI punya piutang dari pajak daerah sebesar Rp 959,9 miliar untuk Tahun Anggaran 2012,” kata Kordinator Investigasi dan Advokasi FITRA, Uchok Sky Khadafi, dalam siaran pers, Selasa (16/10/2012).

“Dari jumlah tersebut, ada 40 item piutang pajak, di antaranya piutang kendaraan bermotor Rp 4,6 miliar, piutang balik nama kendaraan bermotor Rp 597 juta, piutang pajak hotel Rp 23,1 miliar, piutang pajak restoran Rp 106 miliar, piutang pajak hiburan Rp 52,2 miliar, piutang pajak reklame Rp 3,4 miliar, piutang pajak parkir Rp 44,8 miliar, serta piutang pajak air bawah tanah Rp 100,3 miliar.”

Lebih lanjut Uchok menjelaskan “Banyaknya piutang pajak daerah itu menunjukkan kepada publik bahwa pendapatan DKI Jakarta tidak logis alias manajemen jelek sehingga mengakibatkan pendapatan bocor”

“Masa ada perusahaan berutang kepada pemda. Misalnya, piutang pajak reklame sebesar Rp 3,4 miliar dan piutang pajak parkir sebesar Rp 44,8 miliar. Di mana kedua item pajak ini, seharusnya masyarakat sudah bayar lebih dulu kepada perusahaan jasa perkir atau perusahaan pihak ketiga, kok, bisa-bisanya perusahaan parkir utang kepada pemda DKI, dan pemda DKI mengabulkan utang ini,” ujarnya.

Ringkasnya, piutang pajak Pemprov DKI Jakarta yang ditinggalkan dari kepemimpinan Foke mencapai hampir Rp 1 triliun!

Jadi kemenangan Jokowi-Basuki sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta harus menerima warisan PIUTANG yang cukup besar, hampir Rp 1 triliun! Betapa beratnya tantangan Jokowi-Ahok dalam menangani persoalan di dalam ini. Permasalahan APBD DKI Jakarta sangat berpengaruh pada pendapatan APBD ini dan tentu mempengaruhi program-program Jokowi yang akan memulai pembenahan Jakarta dari kampung-kampung kumuh itu.

Jokowi harus bertindak TEGAS untuk meminta pertanggungjawaban kepada dinas terkait. Siapa tahu, PIUTANG itu sudah dibayar kliennya Pemda dan uang bayaran tersebut ternyata dinikmati dan dibagi-bagi antara BIROKRAT dan PERUSAHAAN yang terlibat?

Mampukah Jokowi-Basuki melawan dan membersihkan penyakit akut birokrat itu demi masa depan Jakarta yang lebih baik?

Sumber: http://www.jakartacare.com/baru-jadi-gubernur-dki-jakarta-jokowi-mendapat-warisan-hampir-rp-1-triliun/

About thejakartareview

Media informasi seputar jakarta, kini dan masa lalu

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: