you're reading...
Rak Buku

Stamboel, Jurnal Yang Mengulas Batavia sampai Jakarta

TheJakartaReview-Jakarta memiliki “perjalanan” sejarah yang luar biasa. Sebagai pusat Ibukota negara, Jakarta yang dulu terkenal dengan Batavia ini menyimpan banyak catatan sejarah yang kaya dengan keragamannya, baik itu sosial maupun kebudayaannya.

Nah, bila ingin mendalami “perjalanan” sejarah Jakarta, Jurnal Stamboel menjadi pilihan yang tepat untuk dimiliki. Apalagi informasi dari salah satu pengelolanya jurnal ini setiap edisinya hanya terbit 100 eksemplar saja.

Stamboel: Journal of Betawi Socio-Cultural Studies (Dari Batavia sampai Jakarta) merupakan jurnal yang hadir dari hasil kerjasama Penerbit Padasan dengan Betawi Center Foundation dan Forum Sastra Betawi. Edisi perdana ini diterbitkan bersamaan dengan Bulan Bahasa yang jatuh di Oktober 2012.

Menurut pemimpin redaksi Stamboel, Chairil Gibran Ramadhan, visi yang diharapkan, yakni sebagai ”wadah percurahan hasil penelitian kebudayaan Betawi dan sekaligus wadah ekspresi seni dan budaya Betawi.”

“Stamboel memang diharapkan menampilkan diri sebagai sosok kuat pengawal kebudayaan Betawi,” jelas CGR, sapaan sastrawan Betawi ini.

Tentu saja harapan ini mudah dipahami, mengingat penelitian dan hasil ekspresi seni dan budaya Betawi tersebut mewujud sebagai ”rekaman” karena ditulis. ”Rekaman” ini pada akhirnya akan menjelma sebagai dokumentasi yang dapat dijadikan rujukan oleh generasi muda Betawi dalam berkehidupannya, atau kalangan lain yang menaruh perhatian pada luasnya Dunia Betawi. Ingatlah, bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki budaya tulis-menulis.

Penulisan dan Pengelola Stamboel

Jurnal Stamboel memuat tulisan Abdul Chaer (Pakar Bahasa Melayu Jakarta), Adji Subela (Esais), Chairil Gibran Ramadhan, Fadjriah Nurdiarsih (editor), Firman Muntaco (Sastrawan Betawi), Mega Trianasari Sundoro (Guru Sejarah), Mh Hamdan (Dosen Univ. Nasional), DR. Mona Lohanda (Sejarawan & Arsiparis Arsip Nasional RI), Prof. DR. Wahyu Wibowo (Dekan FBS Univ. Nasional), Yanwardi Natadipura (Pengamat Bahasa), Prof. DR. Yusmar Yusuf (Guru Besar Univ. Riau), dan DR. Zeffry Alkatiri (Penyair & Dosen FIB-UI).

DEWAN PENASEHAT: Abdul Chaer, Ahmad Iskandar Bait, Biem Benjamin, Ichsanuddin Noorsy, DR. Margani M. Mustar, DR. Mona Lohanda, Sarnadi Adam, Prof. DR. Wahyu Wibowo, DR. Zeffry Alkatiri. REDAKTUR SENIOR: David Kwa, Heryus Saputro, Lilik Sofyan Ahmad, Sam Mukhtar Chaniago, Yahya Andi Saputra. PEMIMPIN UMUM & PEMIMPIN REDAKSI: Chairil Gibran Ramadhan (CGR).

DEWAN REDAKSI: Chairil Gibran Ramadhan, Fadjriah Nurdiarsih, Fadly Kurniawan, Fifi Firman Muntaco, Kiftiawati, Mh Hamdan. PRODUKSI: Ali Siregar. PERANCANG SAMPUL & ISI: Sarifudin Anwar. Kertas bookpaper, soft-cover, 15x23cm, 118 hlm, ISSN: 2302-5484.

Info lebih lanjut dapat mengakses FACEBOOK dan PAGE
PEMESANAN: Hubungi inbox facebook Stamboel Journal. Harga: Rp. 65.000,- plus ongkos kirim Rp. 15.000,- (Jawa) dan Rp. 20.000,- (luar Jawa). (RD)

About thejakartareview

Media informasi seputar jakarta, kini dan masa lalu

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: