you're reading...
Museum

Mengenal Sejarah Perjuangan TNI di Museum Satria Mandala

TheJakartaReview – Museum menjadi tempat pembelajaran yang baik bagi generasi muda. Salah satu museum yang menarik untuk dikunjungi adalah Museum Satria Mandala.

Museum Satria Mandala adalah museum sejarah perjuangan Tentara Nasional Indonesia yang terletak di Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Museum yang diresmikan pada tahun 1972 oleh mantan Presiden Indonesia, Soeharto ini awalnya adalah rumah dari salah satu istri mantan Presiden Indonesia, Soekarno, Ratna Sari Dewi Soekarno. Sebelumnya museum ini dikenal dengan Wisma Yaso dan tempat Bung Karno disemayamkan sebelum dimakamkan di Blitar, Jawa Timur.

Dalam museum ini dapat ditemui berbagai koleksi peralatan perang di Indonesia, dari masa lampau sampai modern seperti koleksi ranjau, rudal, torpedo, tank, meriam bahkan helikopter dan pesawat terbang (satu diantaranya adalah pesawat Cureng yang pernah diterbangkan oleh Marsekal Udara Agustinus Adi Sucipto).

Selain itu museum ini juga menyimpan berbagai berbagai benda bersejarah yang berkaitan dengan TNI seperti aneka senjata berat maupun ringan, atribut ketentaraan, panji-panji dan lambang-lambang di lingkungan TNI. Selain itu di museum ini dipamerkan juga tandu yang dipergunakan untuk mengusung Panglima Besar Jenderal Soedirman saat beliau bergerilya dalam keadaan sakit melawan pendudukan kembali Belanda pada era 1940-an.

Didalam kompleks Museum TNI Satriamandala dapat dijumpai juga Museum Waspada Purbawisesa yang menampilkan diorama ketika TNI bersama-sama dengan rakyat menumpas gerombolan separatis DI/TII di Jawa Barat, Jawa Tengah, Aceh, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan pada ear tahun 1960-an. Fasilitas lainnya yang ada di Museum TNI Satriamandala ini antara lain adalah Taman Bacaan Anak, Kios Cinderamata, Kantin serta Gedung Serbaguna yang berkapasitas 600 kursi.

Di halaman luar museum terdapat berbagai peralatan yang pernah dipergunakan oleh TNI, dalam menghadapi lawan yang merongrong kedaulatan negara, baik di dalam negeri maupun di luar negeri, antara lain pesawat terbang, peluru kendali, kendaraan tempur, dan meriam.

Dengan mencermati benda-benda sejarah yang ada di museum ini, kita memperoleh inspirasi, pelajaran dari pengalaman masa lalu.

Museum TNI Satria Mandala merupakan salah satu sarana dalam pembinaan dan pelestarian jiwa serta semangat kejuangan di lingkungan TNI bersama rakyat. Selain itu merupakan sarana yang efektif untuk mewariskan nilai-nilai juang 45 dan nilai-nilai luhur TNI 45 secara utuh dan berlanjut. Kepribadian dan jatidiri TNI sebagai pejuang prajurit maupun prajurit pejuang dapat dicermati melalui benda sejarah yang terdapat di Ruang Panji-panji, Ruang Jenderal Sudirman, Ruang Jenderal Oerip Sumohardjo, Ruang Tanda Jasa, Ruang Potret TNI, Ruang Senjata, Balairung Pahlawan, dan Ruang Pakaian Seragam.

Museum Satria Mandala ini adalah salah satu museum yang dikelola oleh Pusjarah (Pusat Sejarah) TNI. Museum atau monumen lain yang dibawah pembinaan Pusjarah TNI adalah Monumen Pancasila Sakti (Lubang Buaya, Jakarta Timur), Museum Keprajuritan Indonesia (terletak di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII, Jakarta Timur)

ALAMAT
Jalan Gatot Subroto Kav. 14, Jakarta Selatan
Telepon (021)-5227949, (021)-5227949

JAM BUKA
Selasa – Minggu: 09.00 – 14.00 WIB
Senin dan Hari libur nasional: Tutup

KARCIS MASUK
Dewasa: Rp 2.500
Pelajar/Anak-anak: Rp 1.500

(RD)

 

 

 

About thejakartareview

Media informasi seputar jakarta, kini dan masa lalu

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: