you're reading...
Event

Pameran Lambang Negara Berlangsung di kantor Kemlu

TheJakartaReview- Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menggelar Pameran ‘Sejarah Lambang Negara Garuda’. Eksibisi tersebut secara resmi dibuka mulai dibuka Kamis, 19/7 di Gedung Pancasila, Kemlu, jalan Penjambon, Jakarta Pusat.

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat nasionalisme generasi muda,” ujar Sekretaris Jenderal Kemlu, Budi Bowoleksono, dalam pidatonya. Menurutnya, kegiatan ini juga menjadi penting dan relevan untuk menambah wawasan sejarah peserta.

Melalui pameran ini pula, Kemlu ingin memberikan kesempatan pada masyarakat untuk melihat Gedung Pancasila. “Agar dapat mengenal lebih dekat Gedung Pancasila dan sejarahnya,” kata Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik, Dubes A.M. Fachir.

Pengunjung dapat mengikuti tur Gedung Pancasila yang juga menjadi saksi kelahiran lambang negara Indonesia. Panitia telah mempersiapkan sejumlah pemandu yang terdiri dari para diplomat muda Kemlu.

Pameran hasil kerja sama Direktorat Diplomasi Publik, Museum Konferensi Asia Afrika, dan Rumah Garuda ini baru pertama kali digelar. Selama pelaksanaannya, pengunjung dapat melihat 20 panel tentang lambang negara, mulai dari proses desain, biografi perancang, dan sketsa awalnya.

Selain itu, ditampilkan pula berbagai koleksi tiga dimensi mengenai lambang negara Garuda. Koleksi tersebut dipinjamkan oleh Bapak Nanang Rachmat Hidayat, pemilik ‘Rumah Garuda’ di Yogyakarta.

Masyarakat juga dapat menyaksikan film dokumenter yang disiapkan oleh panitia. Suguhan audio visual tersebut memberikan gambaran proses awal perancangan lambang negara kepada pengunjung.

Film bertemakan lambang negara yang berdurasi selama 10 menit itu menampilkan gagasan awal, sayembara melukis, pembentukan panita, rancangan lambang dari Muhammad Yamin dan Sultan Hamid II, serta evolusi desain hingga saat ini.

Sesi pembukaan pameran dihadiri oleh tamu-tamu yang berasal dari berbagai kalangan. Kemlu mengundang sejarawan, akademisi, mahasiswa, pelajar, instansi pemerintah, dan media massa.

Eksibisi akan terus digelar mulai 19 Juli hingga 14 Agustus 2012 di Gedung Pancasila Kemlu, Jalan Pejambon No. 6, Jakarta Pusat. Pengunjung dapat hadir dan memelajari lebih jauh tentang lambang negara setiap hari Selasa, Rabu, dan Kamis, pukul 09.00 WIB sampai 14.00 WIB. Informasi lebih lanjut, hubungi (021) 3441508. (Sumber : Dit. Infomed/PLE/Nik)

About thejakartareview

Media informasi seputar jakarta, kini dan masa lalu

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: