you're reading...
Berita

Lengang Nyai Betawi Goyang Warga Shenzhen

Dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan asal Tiongkok ke Jakarta, pada tanggal 11 Juni 2012, Pemda DKI Jakarta, telah menyelenggarakan promosi pariwisata Indonesia, khususnya wisata Jakarta , dengan tema “Jakarta Road Show 2012” di hotel Crowne Plaza,Shenzhen.

Acara Road show terdiri dari table top meeting (consumer selling), press conference dan Gala Dinner. Pada acara table top meeting, sejumlah 15 seller dari Jakarta mengadakan pertemuan B to B (Business To Business meeting) dengan sejumlah lebih dari 300 pelaku industri pariwisata di Shenzhen dan sekitarnya.

Consumer selling ini mendapatkan respon yang cukup besar dari para travel agent Tiongkok, terlihat dari kurangnya waktu yang teralokasi dimana para travel agent yang hadir merasa kurang puas dan minta waktu tambahan untuk mengetahui lebih jauh tentang paket-paket wisata yang di jajakan oleh seller dari Jakarta.

Acara press conference yang di hadiri oleh sekitar 15 peserta dari kalangan media, baik media cetak maupun elektronik, antara lain dari Guangdong TV, Shenzhen TV dan TV Southern, China Association Tourism TV, sejumlah media cetak seperti Shenzhen Daily, dan Dayoo.com, telah menampilkan nara sumber antara lain kepala dinas Pariwisata dan Kebudayan DKI, Konsul Jenderal Guangzhou, direktur MG Holiday Jakarta, serta perwakilan Maskapai Garuda Indonesia.

Banyak pertanyaan diajukan oleh media antara lain soal keamanan, prosedur pengajuan visa, dll. Acara Gala Dinner dimeriahkan dengan penampilan sejumlah tarian khas betawi seperti Lengang Nyai dan Goyang Betawi yang dibawakan oleh tim kesenian dinas pariwisata DKI serta sejumlah lagu betawi dan dangdut yang dibawakan secara interaktif dan atraktif baik dalam bahasa Mandarin ataupun bahasa Indonesia oleh penyanyi Rani Prapanca.

Acara juga dimeriahkan oleh undian lucky draw berhadiah antara lain voucher menginap di Hotel Jakarta, Cruise Ship dan Spa serta I-Pad. Acara ini selain dihadiri Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta Dr. Arie Budhiman , konjen RI di Guangzhou, juga dihadiri oleh wakil kepala Dinas Pariwisata kota Shenzhen Madame Wang Min.

Dalam kesempatan memberikan sambutan pada acara Gala Dinner, Konjen RI menekankan pentingnya menggarap secara serius potensi wisatawan asal RRC agar berkunjung ke Indonesia, yang antara lain dapat dicapai melalui promosi secara terus menerus baik di media cetak maupun elektronik, serta mengemas paket wisata yang kompetitif.

Kedua hal tersebut penting ditekankan, mengingat belum banyak wisatawan asal RRC yang mengetahui Indonesia dan berbagai potensi wisatanya. Konjen juga menyampaikan himbauan kepada agen perjalanan RRC untuk membantu memasarkan pariwisata Indonesia dan bekerjasama dengan pihak-pihak terkait (Pemerintah, Biro Perjalanan Wisata dan Perusahaan Penerbangan).

Selain itu, juga ditekankan pentingnya dukungan dari pihak pemerintah, misalnya pembentukan jalur penerbangan baru antara Shenzhen dan Manado, atau menambah frekuensi penerbangan langsung antara Shenzhen dan tujuan wisata utama seperti pulau Bali, Medan dan Manado. Secara keseluruhan, acara Road Show DKI Jakarta di Shenzhen cukup sukses, baik jika dilihat dari sisi kualitas maupun kuantitas.

Dari sisi kualitas, acara tersebut cukup sukses karena dihadiri oleh pejabat setempat yang berkompeten dan agen-agen perjalanan wisata utama yang selama ini sangat antusias dalam memasarkan pariwisata Indonesia.

Dari sisi kuantitas, hadirnya seluruh undangan, yang bahkan melebihi perkiraan semula, menunjukkan bahwa potensi pariwisata masih sangat menarik untuk dipasarkan di Shenzhen. (sumber KJRI Guangzhou-Kemlu RI)

About thejakartareview

Media informasi seputar jakarta, kini dan masa lalu

Diskusi

One thought on “Lengang Nyai Betawi Goyang Warga Shenzhen

  1. jakarta harus bersih kkn

    Posted by muhammad baheqi | 26/06/2012, 2:45 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: