you're reading...
Berita

DKI Jakarta Berencana Menambah 30 Bus Sekolah

thejakartareview – Pemerintah DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan menambah 30 armada bus sekolah pada tahun ini. Berdasarkan informasi yang diperoleh thejakartareiew, saat ini Dishub juga telah mengoperasikan 48 bus sekolah. Sehingga dengan penambahan itu akan ada 78 armada yang dioperasikan setiap hari.

Penambahan armada ini juga akan dibarengi dengan penambahan rute yang diharapkan dapat meminimalisir penggunaan kendaraan pribadi di kalangan pelajar, sehingga diharapkan dapat membantu mengurangi kemacetan lalulintas.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Udar Pristono mengatakan, penambahan 30 unit bus sekolah tersebut saat ini dalam proses lelang. Ditargetkan pada Desember mendatang, ke-30 armada itu telah tersedia dan dioperasikan. Seiring dengan penambahan armada, Dishub juga akan menambah rute atau memodifikasi rute bus sekolah yang ada. Dengan begitu, diharapkan jangkauannya bisa lebih maksimal. Terutama di sekolah-sekolah yang berada di daerah pemukiman yang selama ini belum terjangkau bus sekolah.

“Kami juga sedang mempertimbangkan bentuk bus yang berbeda. Artinya bukan hanya bus sedang namun juga bus kecil, agar bisa menjangkau jalan-jalan kecil. Sehingga rutenya bisa lebih fleksibel. Bentuk busnya bisa saja seperti jenis Isuzu Elf,” ujar Udar Pristono, Kamis (31/5).

Berdasarkan informasi yang diperoleh thejakartareview, rencana pengadaan sebanyak 30 armada bus sekolah ini, pihak Dishub mengajukan anggaran sebesar Rp 12 miliar dari APBD tahun 2012.

Udar Pristono mengakui selama ini dalam pengoperasian bus sekolah, siswa enggan naik karena merasa nyaman menggunakan sepeda motor. Namun, pihaknya tidak bisa memaksa siwa sebelum bus sekolah ini bertambah jumlahnya. Ia merasa yakin kalau siswa sudah benar-benar merasa nyaman dan aman dengan bus sekolah, pasti dengan sendirinya siswa tersebut akan beralih dari sepeda motor ke bus sekolah.

Upaya pemerintah daerah perlu mendapatkan apresiasi. Namun, sosialisasi akan informasi armada bus sekolah ini seyogyanya menjadi perhatian penting. “Informasi akan bus sekolah beserta informasi rutenya harus disampaikan melalui sekolah-sekolah,” kata Ferdiansyah Ali, pemerhati dari Global Future Institute. (RD)

About thejakartareview

Media informasi seputar jakarta, kini dan masa lalu

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: