you're reading...
Berita

Festival Museum Day tahun 2012 Dikuti 43 Museum

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta untuk ketiga kalinya menggelar Jakarta Festival Museum Day. Festival Museum Day tahun 2012 yang dipusatkan di halaman Museum Fatahillah, di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat ini diikuti sebanyak 43 museum yang ada di ibu kota.

Kegiatan ini diharapkan minat masyarakat Jakarta untuk mengunjungi museum akan semakin meningkat. Pihak penyelenggara menargetkan 50 ribu orang akan mengunjungi festival ini.

“Museum jangan hanya dipandang sebagai tempat menyimpan benda-benda bersejarah atau purbakala. Tetapi harus dimanfaatkan sebagai sarana pendidikan dan penelitian bagi masyarakat. Utamanya bagi generasi penerus bangsa, serta menjadi daya tarik wisata kota,” ujar Sukesti Martono, Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Pariwisata dan Kebudayaan, saat membuka kegiatan Jakarta Festival Museum Day, di halaman Museum Fatahillah, Tamansari, Jakarta Barat, Sabtu (19/5).

Menurut Sukerti, sudah saatnya semua pihak tanpa terkecuali mempertimbangkan pemanfaatan kemajuan teknologi untuk mengemas, mempromosikan, menginformasikan, dan mengkomunikasikan keberadaan museum kepada masyarakat luas.

Sukerti berharap, dengan adanya kegiatan tersebut dapat menumbuhkan minat dan kesadaran kaum muda dalam menggali dan mempelajari sejarah Jakarta dan bangsa Indonesia, sehingga menjadi lebih baik dan berkualitas untuk kedepan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Arie Budhiman, mengatakan, festival ini untuk memperingati Hari Museum Internasional pada setiap tanggal 18 Mei. “Di Jakarta, kegiatan ini telah digelar sejak tahun 2009, dan ini merupakan yang ketiga kalinya,” katanya.

Ditambahkan Arie, kegiatan yang dipusatkan di Museum Fatahillah ini berlangsung mulai pukul 10.00-22.00 dengan mengikutsertakan sebanyak 43 museum di Jakarta. Ke-43 museum ini, lanjutnya, tak hanya menggelar pameran tetapi juga berbagai atraksi edukatif yang dapat dinikmati pengunjung.

Selain itu, ucap Arie, kegiatan ini juga menampilkan talk show, lomba orasi museum, lomba foto, melukis, mewarnai dan lain sebagainya yang dapat diikuti kalangan pelajar. “Kegiatan pendukung lainnya juga bakal digelar untuk meningkatkan jumlah pengunjung,” tandas Arie.(RD)

About thejakartareview

Media informasi seputar jakarta, kini dan masa lalu

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: